CROUCHING TIGER, HIDDEN DRAGON (2000)

2 komentar
Film garapan sutradara Ang Lee (Brokeback Mountain, Sense and Sensibility) ini adalah satu dari sedikit film asing yang bisa mendapat banyak nominasi Oscar termasuk "Best Picture" setelah 3 tahun sebelumnya "Life is Beautiful" meraih hal yang sama. Selain itu, film yang dibintangi Chow Yun-fat, Michelle Yeoh dan Zhang Ziyi ini juga sering disebut-sebut sebagai salah satu film martial arts terbaik sepanjang masa. Ceritanya sendiri adalah gabungan dari action yang tentunya berisikan adegan-adegan kung fu dan drama yang mengetengahkan kisah cinta antar karakter. Dan Ang Lee terlihat berusaha menggabungksan dua hal tersebut secara berimbang. Cukup unik mengingat jarang sekali film kung fu macam ini yang punya unsur drama yang kuat.
Li Mu Bai (Chow Yun-fat) adalah seorang jago kung fu sekaligus ahli pedang yang namanya sudah dikenal. Dia selama ini melakukan perjalanan untuk memburu Jade Fox, seorang wanita yang dahulu telah membunuh guru dari Li Mu Bai. Tapi setelah sekian lama dia memutuskan untuk "pensiun" dari dunia persilatan dan meletakkan pedangnya karena dia selalu merasakan kesedihan yang teramat daripada ketentraman. Untuk itulah dia menyerahkan pedang pusaka yang dia miliki kepada adik seperguruannya, Yu Shu Lien (Michelle Yeoh) untuk diserahkan kepada Tuan Te (Sihung Lung) seorang pejabat yang juga teman lama Li Mu Bai. Shu Lien sendiri sudah lama mempunya perasaan lebih terhadap Li Mu Bai tapi merasa tidak sanggup menyatakannya. Padahal sebenarnya Li Mu Bai juga memendam perasaan yang sama. Setelah menyerahkan pedang itu kepada Tuan Te, ternyata tidak lama berselang pedang itu dicuri oleh wanita bertopeng yang misterius.
Boleh saja mayoritas orang mengatakan film ini luar biasa, salah satu yang terbaik sepanjang masa. Boleh saja seorang Roger Ebert memberikan nilai sempurna pada film ini. Boleh saja dari 146 reviewer RT, 142 diantaranya memuji-muji film ini, dan biarkan saya bergabung dengan 4 orang sisanya yang merupakan kaum minoritas. Well, sebenarnya saya tidak memasukkan film ini dalam kategori film buruk. Tapi saya juga tidak merasa film ini sehebat yang dibilang orang. "Crouchin Tiger, Hidden Dragon" ternyata tidak sebaik ekspektasi saya. Tapi pertama harus saya akui bagian Art Direction film ini memang juara (menang Oscar juga). Bagaimana seorang Tim Yip (art director) membuat segala adegan perkelahian di film ini menjadi sangat megah memang patut diacungi jempol. Yang paling hebat tentu adegan perkelahian Chow Yun-fat dan Zhang Ziyi dipuncak pohon bambu.

Kehebatan dan kemegahan adegan action tersebut sayangnya tidak diimbangi dengan porsi drama yang bisa membuat saya tersentuh. Ada dua kisah cinta yang disorot disini, yaitu antara Li Mu Bai-Yu Shu Lien dan Jiaou Long-Luo Xiaohu. Untuk Li Mu Bai-Yu Shu Lien, saya menangkap kedua pemainnya, Chow Yun-fat dan Michelle Yeoh sudah berakting cukup baik tapi nyawa dalam kisah cinta tersebut sama sekali tidak dapat saya rasakan. Momen dimana keduanya saling berbicara dan ngobrol seharusnya mampu membuat saya paling tidak merasakan kehangatan diantara mereka walaupun keduanya menutupi perasaan masing-masing. Dan itu diperparah dengan fakta bahwa saya menonton versi dubbing bahasa Inggris dan bukan yang berbahasa mandarin. Hal itu makin memperkaku hubungan mereka berdua. Saya mengantuk melihat interaksi keduanya.

Untuk kisah Jiaou Lung-Luo Xiaohu masih lebih baik dan membuat saya lebih betah dalam menyaksikan hubungan keduanya. Interaksi antara keduanya disajikan dengan lebih menghibur. Walaupun ada sedikit unsur "stockholm syndrome" dimana korban penculikan jatuh cinta pada yang menculik (sebenarnya Luo Xiaohu juga tidak menculik Jiao Lung sih) yang sebenarnya saya kurang suka, tapi masih lebih menarik dibanding Li Mu Bai-Yu Shu Lien. Sebenarnya hal ini dikarenakan faktor Zhang Ziyi juga yang buat saya masih lebih cantik daripada Michelle Yeoh walaupun karakternya kurang simpatik.

OVERALL: Menurut saya sih film ini overrated. Memang adegan action-nya megah dan menghibur, tapi diluar itu, film ini serasa lifeless. Tapi keseluruhan bukanlah film yang buruk.

2 komentar :

Comment Page:
Fariz Razi mengatakan...

gw jg ngerasa film ini gak sebagus yg dibilang orang2 ya haha tapi memang adegan berantemnya cool!

Rasyidharry mengatakan...

Apa gara" nonton yg dubbing inggris jadi berasa datar gitu gak tahu deh